Perbedaan Dukun Dengan Kiayi


Pic
shadow

Ceeklog.com - Perbedaan antara Kiayi dengan dukun yaitu dua status yang berlawanan. Yang satu menggiring pada kesesatan, yang satu lagi mengajak pada ketakwaan. Antara keduanya banyak perbedaan yang mencolok. Tetapi, pada pada fungsinya, ada juga beberapa kesamaannya. Misalnya, keduanya bisa meramal, menjadi tempat konsultasi, membantu mengatasi masalah dan mengobati penyakit.
 
Dalam prakteknya, fungsi dukun dan kiayi sering agak sulit dibedakan. Karena keduanya sering melakukan hal yang sama tersebut. Tanpa disadarinya, banyak kiayi melakukan praktek perdukunan (tapi tidak ada dukun melakukan praktek perkiayian). Karenanya, kaum Muslimin wajib hati-hati, harus bisa membedakan mana dukun mana kiayi, karena banyak dukun yang berpenampilan biasa, tidak nyentrik. Bahkan, ada dukun yang berpenampilan kiayi.

Ada yang dianggap kiayi, tapi mereka melakukan praktek perdukunan. Sekali terpeleset pada kemusyrikan, bahayanya dunia akhirat. Ustadz Amin, berpenmdapat dalam hadidz Nabi, "Rasulullah SAW bersabda, barangsiapa mempercayai ramalan seorang dukun, maka 40 hari ibadahnya tidak akan diterima oleh Allah SWT. Dan syirik adalah termasuk dosa yang tidak diampuni oleh Allah SWT sehingga ia benar-benar bertaubat," ujarnya.
 
"Perbedaan-perbedaan yang harus diketahui antara dukun dengan kiayi supaya kita tidak terjebak tidak salah melangkah yang akan mengakibatkan kerugian dunia dan akhira," lanjutnya. (red)

11 Oktober 2012